Mau Tambah Penghasilan? atau Mau Youtube Cepat Monev?

Jasaview.id

Sabtu, 26 Desember 2020

Menanam Pohon Bidara Arab dengan Cara Stek tanpa Perangsang Akar

Pohon Bidara Arab adalah pohon yang langka, unik dan banyak manfaatnya. Pohon Bidara Arab adalah pohon Syurga yang diturunkan oleh Allah swt. ke bumi. Banyak sekali manfaatnya sehingga banyak orang yang mencarinya. Manfaatnya antara lain sebagai anti jin jahat, anti sihir, anti guna-guna, digunakan oleh para habaib, ulama, kiayi ustad dan tabib untuk pengobatan dan rukyah.

Ada beberapa cara untuk mengembangbiakkan pohon bidara arab ini. Di antaranya dengan menanam bijinya, stek, cangkok, dan lain-lain. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang cara-cara menanam pohon bidara arab menggunakan metode stek.

Pertma-tama kita siapkan bahan dan alatanya, yaitu:
1. Batang pohon bidara arab yang baru memotong dari induknya (masih segar)
2. Pisau/cutter/gunting (pemotong)
3. Bawang (1 siung bawang merah)
4. Polibag/botol aqua 1500ml (Boleh Pot Kecil dll)
5. Karet Gelang
6. Plastik berwarna putih
8. Tanah dan kompos
9. Air secukupnya
10. Lain-lain
 

Cara menanamnya adalah sebagai berikut.
Pertama, ambil secukupnya kayu pohon bidara yang masih segar atau yang baru motong dari induknya, sekitar antara 15-25 cm. Selanjutnya kerik kulit bagian bawahnya seukurn 5-10 cm sampai bersi, sampai terlihat batang kayu bagian dalamnya.

Kemudian belah jadi dua bawang merah yang sudah kita sediakan dari awal tadi, selanjutnya bagian dalam yang sudah dibelah oles-oleskan pada bagian bawah kayu bidara arab yang sudah dikupas kulit kayunya tadi sampai merata.

Langkah selanjutnya siapkan polybag, tanah, kompos dan air. Satukan tanah dan kompos, kemudian aduk sampai rata dan menyatu. Masukkan pada polybag campuran tanah dan kompos tersebut secukupnya. Kemudian siram dengan air secukupnya.

Tancapkan bagian bawah batang pohon bidara tadi yang sudah dikupas kulitnya dan dioleh oleh cairan bawang merah ke bagian tanahnya sampai tertutup semua oleh tanah dan sisa batang yang tidak dikupas kulitnya biarkan terlihat.

Terakhir, siapkan plastik, kemudian buat plastik mengembang dengan cara meniupnya

dan lain sebagainya. Tutupkan plastik tadi pada polybag yang sudah tertanam batang pohon biadara tadi, ikat bagian dipolybag yangg tertutup plastik dengan menggunakan karet gelang dan selesai.

Demikian cara menanam pohon bidara arab dengan cara stek tanpa penambah zat perangsang akar.

Semoga bermanfaat, terimakasih.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar