Mau Tambah Penghasilan? atau Mau Youtube Cepat Monev?

Jasaview.id

Senin, 28 Desember 2020

Apa itu Jaringan? Sebuah Transliterasi dari Bahasa inggris

Apa itu Jaringan?

Jaringan terdiri dari dua atau lebih komputer yang terhubung untuk berbagi sumber daya (seperti printer dan CD), bertukar file, atau memungkinkan komunikasi elektronik. Komputer di jaringan dapat dihubungkan melalui kabel, saluran telepon, gelombang radio, satelit, atau sinar inframerah.

Dua jenis jaringan yang sangat umum meliputi:

• Jaringan Area Lokal (LAN)

• Jaringan Area Luas (WAN)

Anda juga dapat melihat referensi ke Metropolitan Area Networks (MAN), Wireless LAN (WLAN), atau Wireless WAN (WWAN).

Jaringan Area Lokal

Jaringan Area Lokal (LAN) adalah jaringan yang terbatas pada area yang relatif kecil. Biasanya terbatas pada area geografis seperti lab menulis, sekolah, atau gedung.

Komputer yang terhubung ke jaringan secara luas dikategorikan sebagai server atau workstation. Server umumnya tidak digunakan oleh manusia secara langsung, tetapi dijalankan terus menerus untuk menyediakan "layanan" ke komputer lain (dan pengguna manusianya) di jaringan. Layanan yang disediakan dapat mencakup pencetakan dan faks, hosting perangkat lunak, penyimpanan dan berbagi file, pengiriman pesan, penyimpanan dan pengambilan data, kontrol akses lengkap (keamanan) untuk sumber daya jaringan, dan banyak lainnya.

Stasiun kerja disebut demikian karena mereka biasanya memiliki pengguna manusia yang berinteraksi dengan jaringan melalui mereka. Workstation secara tradisional dianggap desktop, terdiri dari komputer, keyboard, display, dan mouse, atau laptop, dengan keyboard, display, dan touchpad terintegrasi. Dengan munculnya komputer tablet, dan perangkat layar sentuh seperti iPad dan iPhone, definisi workstation kami berkembang dengan cepat untuk menyertakan perangkat tersebut, karena kemampuannya untuk berinteraksi dengan jaringan dan memanfaatkan layanan jaringan.

Server cenderung lebih bertenaga daripada workstation, meskipun konfigurasi dipandu oleh kebutuhan. Misalnya, sekelompok server mungkin berlokasi di area aman, jauh dari manusia, dan hanya diakses melalui jaringan. Dalam kasus seperti itu, biasanya server beroperasi tanpa tampilan atau keyboard khusus. Namun, ukuran dan kecepatan prosesor server, hard drive, dan memori utama dapat menambah biaya sistem secara dramatis. Di sisi lain, workstation mungkin tidak membutuhkan banyak penyimpanan atau memori kerja, tetapi mungkin memerlukan tampilan yang mahal untuk mengakomodasi kebutuhan penggunanya. Setiap komputer di jaringan harus dikonfigurasi dengan tepat untuk penggunaannya.

Pada satu LAN, komputer dan server dapat dihubungkan dengan kabel atau tanpa kabel. Akses nirkabel ke jaringan kabel dimungkinkan oleh titik akses nirkabel (WAP). Perangkat WAP ini menyediakan jembatan antara komputer dan jaringan. WAP tipikal mungkin memiliki kapasitas teoritis untuk menghubungkan ratusan atau bahkan ribuan pengguna nirkabel ke jaringan, meskipun kapasitas praktisnya mungkin jauh lebih sedikit.

Hampir selalu server akan dihubungkan dengan kabel ke jaringan, karena koneksi kabel tetap yang tercepat. Stasiun kerja yang tidak bergerak (desktop) juga biasanya dihubungkan dengan kabel ke jaringan, meskipun biaya adaptor nirkabel telah turun ke titik di mana, saat memasang stasiun kerja di fasilitas yang ada dengan kabel yang tidak memadai, akan lebih mudah dan lebih murah untuk gunakan nirkabel untuk desktop.

Lihat bagian Topologi, Kabel, dan Perangkat Keras dari tutorial ini untuk informasi lebih lanjut tentang konfigurasi LAN.

Jaringan Area Luas

Wide Area Networks (WANs) menghubungkan jaringan di area geografis yang lebih luas, seperti Florida, Amerika Serikat, atau dunia. Kabel lintas samudra khusus atau uplink satelit dapat digunakan untuk menghubungkan jenis jaringan global ini.

Dengan menggunakan WAN, sekolah di Florida dapat berkomunikasi dengan tempat-tempat seperti Tokyo dalam hitungan detik, tanpa membayar tagihan telepon yang sangat besar. Dua pengguna yang terpisah separuh dunia dengan workstation yang dilengkapi mikrofon dan webcam dapat melakukan telekonferensi secara real time. WAN itu rumit. Ia menggunakan multiplexer, bridge, dan router untuk menghubungkan jaringan lokal dan metropolitan ke jaringan komunikasi global seperti Internet. Bagi pengguna, bagaimanapun, WAN tidak akan terlihat jauh berbeda dari LAN.

Keuntungan Memasang Jaringan Sekolah

Kontrol akses pengguna.

Jaringan modern hampir selalu memiliki satu atau lebih server yang memungkinkan manajemen terpusat untuk pengguna dan untuk sumber daya jaringan yang mereka miliki aksesnya. Kredensial pengguna pada jaringan yang dimiliki dan dioperasikan secara pribadi mungkin sesederhana nama pengguna dan kata sandi, tetapi dengan perhatian yang terus meningkat pada masalah keamanan komputasi, server ini sangat penting untuk memastikan bahwa informasi sensitif hanya tersedia untuk pengguna yang berwenang.

Penyimpanan dan berbagi informasi.

Komputer memungkinkan pengguna untuk membuat dan memanipulasi informasi. Informasi memiliki kehidupannya sendiri di jaringan. Jaringan menyediakan tempat untuk menyimpan informasi dan mekanisme untuk berbagi informasi tersebut dengan pengguna jaringan lainnya.

Koneksi.

Administrator, instruktur, dan bahkan siswa dan tamu dapat dihubungkan menggunakan jaringan kampus.

Jasa.

Sekolah dapat memberikan layanan, seperti pendaftaran, direktori sekolah, jadwal kursus, akses penelitian, dan akun email, dan banyak lainnya. (Ingat, layanan jaringan umumnya disediakan oleh server).

Internet.

Sekolah dapat memberi pengguna jaringan akses ke internet, melalui gateway internet.

Menghitung sumber daya.

Sekolah dapat menyediakan akses ke perangkat komputasi tujuan khusus yang biasanya tidak dimiliki oleh setiap pengguna. Misalnya, jaringan sekolah mungkin memiliki printer berkualitas tinggi berkecepatan tinggi yang berlokasi strategis di sekitar kampus untuk digunakan instruktur atau siswa.

Akses Fleksibel.

Jaringan sekolah memungkinkan siswa untuk mengakses informasi mereka dari perangkat yang terhubung di seluruh sekolah. Siswa dapat memulai tugas di kelas mereka, menyimpan sebagian di area akses publik jaringan, lalu pergi ke pusat media setelah sekolah untuk menyelesaikan pekerjaan mereka. Siswa juga dapat bekerja secara kooperatif melalui jaringan.

Komputasi Kelompok Kerja.

Perangkat lunak kolaboratif memungkinkan banyak pengguna untuk mengerjakan dokumen atau proyek secara bersamaan. Misalnya, pendidik yang berlokasi di berbagai sekolah dalam satu daerah dapat secara bersamaan menyumbangkan gagasan mereka tentang standar kurikulum baru ke dokumen, spreadsheet, atau situs web yang sama.

Kekurangan Memasang Jaringan Sekolah

Mahal untuk Dipasang.

Jaringan kampus yang besar dapat membawa label harga yang lumayan. Pengkabelan, kartu jaringan, router, jembatan, firewall, titik akses nirkabel, dan perangkat lunak bisa mahal, dan penginstalannya pasti membutuhkan layanan teknisi. Namun, dengan kemudahan pengaturan jaringan rumah, jaringan sederhana dengan akses internet dapat diatur untuk kampus kecil di sore hari.

Membutuhkan Waktu Administratif.

Pemeliharaan jaringan yang tepat membutuhkan banyak waktu dan keahlian. Banyak sekolah telah memasang jaringan, hanya untuk mengetahui bahwa mereka tidak menganggarkan untuk dukungan administratif yang diperlukan.

Server Gagal.

Meskipun server jaringan tidak lebih rentan terhadap kegagalan daripada komputer lain, ketika file server "turun", seluruh jaringan mungkin terhenti. Praktik desain jaringan yang baik mengatakan bahwa layanan jaringan penting (disediakan oleh server) harus redundan di jaringan bila memungkinkan.

Server Gagal.

Meskipun server jaringan tidak lebih rentan terhadap kegagalan daripada komputer lain, ketika file server "turun", seluruh jaringan mungkin terhenti. Praktik desain jaringan yang baik mengatakan bahwa layanan jaringan penting (disediakan oleh server) harus redundan di jaringan bila memungkinkan.

Kabel Bisa Putus.

Bab Topologi menyajikan informasi tentang berbagai konfigurasi kabel. Beberapa konfigurasi dirancang untuk meminimalkan ketidaknyamanan pada kabel yang putus; dengan konfigurasi lain, satu kabel yang putus dapat menghentikan seluruh jaringan.

Keamanan dan kepatuhan.

Keamanan jaringan itu mahal. Itu juga sangat penting. Jaringan sekolah mungkin akan tunduk pada persyaratan keamanan yang lebih ketat daripada jaringan perusahaan berukuran sama, karena kemungkinannya untuk menyimpan informasi pribadi dan rahasia pengguna jaringan, bahayanya dapat bertambah jika pengguna jaringan di bawah umur. Banyak perhatian harus diberikan pada layanan jaringan untuk memastikan semua konten jaringan sesuai untuk komunitas jaringan yang dilayaninya.

 

Sumber asli berbahasa Inggris: https://fcit.usf.edu/network/chap1/chap1.htm

Dan di Translate oleh: www.googletranslate.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar