Mau Tambah Penghasilan? atau Mau Youtube Cepat Monev?

Jasaview.id

Minggu, 12 Juli 2020

KEGIATAN BELAJAR II Model-model Jaringan Komputer

KEGIATAN BELAJAR II
Model-model Jaringan Komputer
Tujuan
Setelah mempelajari Kegiatan Belajar 2, diharapkan Saudara dapat menjelaskan berbagai jenis jaringan komputer, perbedaan LAN dan WAN serta berbagai jenis media transmisi dalam jaringan.
Uraian Materi
Tentunya Saudara masih ingat tentang berbagai jenis benda yang tersusun dengan jaring- jaring yang dapat di temui sehari-hari. Mulai dari jaring nelayan, raket, jaring laba-laba dan sebagainya. Pada komputer terdapat pula beragam jenis jaringan komputer yang pembagiannya didasarkan pada besar kecilnya cakupan jaringan yang menghubungkan antar komputer.Jenis-jenis jaringan tersebut yaitu :
1.LAN (Local Area Netowrk)
2.MAN (Metropolitan Area Network)
3.WAN (Wide Area Network)
LAN (Local Area Network)
LAN, adalah jaringan yang dibatasi oleh area yang relatif kecil, umumnya dibatasi oleh area lingkungan seperti sebuah perkantoran di sebuah gedung, atau sebuah sekolah,dan biasanya tidak jauh dari sekitar 1 km persegi. Secara garis besar LAN terdapat dua tipe jaringan LAN yaitu jaringan Peer to Peer dan jaringan Client Server.
Peer to Peer artinya adalah setiap komputer yang terhubung ke dalam jaringan dapat bertindak sebagai komputer pengguna (workstation) maupun komputer penyedia layanan (server). Sedang pada jaringan
Client Server hanya ada satu komputer yang bertindak sebagai Server dan yang lain sebagai Client.
Beberapa model konfigurasi LAN, satu komputer biasanya dijadikan sebuah file server untuk menyimpan perangkat lunak (software) yang mengatur aktifitasi jaringan, ataupun sebagai perangkat lunak yang dapat digunakan oleh komputer-komputer yang terhubung ke dalam network.
Biasanya kemampuan workstation di bawah file server dan mempunyai aplikasi lain di dalam harddisknya selain aplikasi untuk jaringan. Kebanyakan LAN menggunakan media kabel untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer lainnya.
Ruang Kepala Ruang Guru Rua Lab. Komputer Sekolah Kom-1 Kom-2 Kom-3 4 5 6 Ruang Perpustakaan Kom-7
Gambar 4. Jaringan LAN di Sekolah.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar